Syaikh Armin Cibuntu Pandeglang
Syaikh Abuya Armin
Segala puji bagi Allah yang menunjukan hambanya ke jalan yang benar, dan saya bersaksi tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah SWT. Yang maha pemurah lagi maha pemberi, dan saya bersaksi sesunggguhnya junjungan kita Nabi besar Muhammmad SAW. Sebagai utusan Allah yaitu hamba yang diberikan Ilmu Hikmah, dan kefashihan berbicara. Sholawat serta salam dan barokahnya semoga terlimpah curahkan kepadanya, dan para Ahlul Bait, para sahabat dan siapa saja yang menghidupkan ilmu agama sampai hari kiamat. Amin
Amma ba’du: ini adalah intisari sejarah kehidupan beliau “KH. Muhammad Abdul Ghufron bin KH. Muhammad Hasan Amin (Abuya Mama Armin) Cibuntu-Pandeglang. Semoga Allah memberikan rahmad bagi keduanya didunia maupun diakhirat. Tujuan penulisan ini tiada lain supaya para pembaca mengetahuai dan menjadi sadar, hanya kepada Allah lah kami minta pertolongan.
Beliau adalah orang alim yang mengamalkan ilmunya dan termasuk salah satu pemimpin orang ‘Arif billah, dan menjadi pemimpin (Mursyid) Thoriqoh “Qodiriyah Wannaqsabandiyah” Banten, disamping itu beliau ahli dalam bidang 4 madzhab ”Madzahibul Arba’ah”. Dan orang yang sempurna ilmunya dhohir maupun bathin (Syari’at maupun Hakikat). Beliau sendiri mampu menguasai seluruh bahasa termasuk diantaranya :
1. Bahasa Ajam (Non Arab)
2. Bahasa Suryani dan
3. Bahasa Ibrani
4. Bahasa seluruh Burung
5. Bahasa Binatang Buas
Menurut literatur biografinya yang nanti akan diterangkan bahwasanya beliau termasuk orang-orang yang menghidupkan ilmu agama dan menyebarkan ilmu ke seluruh penjuru dan pelosok tanah air dengan adanya beberapa cabang, yang mana sebaik-baik kebajikan adalah menyebarkan ilmu dan mengamalkanya, dengan sebab itulah dunia dan akhirat berdiri tegak. Beliaupun menjadi hujjah didalam agama,Thoriqoh, Tasawwuf.
Beliau juga mampu mengumpulkan semua Ilmu, dan memberikan penjelasan dengan fatwanya yang mudah dicerna dengan akal yang berdasarkan Al-Qur’an dan hadist. Memang demikaian umumnya Ulama’ zaman dahulu (Salafussholihah), mereka laksana singa yang bersembunyi di belantara, bahkan beliau sangat gigih dalam mencari ilmu, sehingga setiap Ilmu yang beliau tekuni dan pelajari tidak akan pernah puas sebelum mencapai makna hakikinya. Pada zamanya setiap orang yang berselisih mampu beliau damaikan, beliaupun mampu memadamkan kobaran api bid’ah (dholalah) yang mana pada masanya, para Ulama’ tidak mampu memadamkanya.
Keberanian beliau diumpamakan singa yang menundukan semua hewan buas. Beliau bagaikan cahaya bulan purnama yang menjadi petunjuk dalam kehidupan. Dan menjadi rujukan ummat manusia dengan sebab keagungan Ilmunya. Bahkan beliau umpamakan batu permata yang tertata rapi yang menyilaukan pandangan mata, beliau mendidik umat untuk meluruskan jalannya para ulama yang menyimpang dari tatanan Baginda Rasulallah SAW, yang lebih dibutuhkan untuk penerang dalam kegelapan, setiap fatwanya umpamakan tetesan air yang membawa kesuburan, dan ruhul jihadnya beliau untuk memperjuangkan agama sangat kuat baik dengan ucapan, perbuatan dan perilaku ( Aqwal, Af’al dan Ahwal) sehingga agama menjadi tegak tanpa adanya pertumpahan darah berdasarkan tauhid berpegang teguh dengan talinya Allah, ini adalah sifat kewaro’an yang tertancap dalam hati beliau, bahkan beliau berkholwat tiada lain hanya untuk mendekatkan diri kepada Allah sebagai bukti ketaatannya, disamping itu beliau rela meninggalkan dunia dibelakang punggungnya dan menghadap akhirat dengan hati ikhlas, ridho dhohir maupun bathinnya.
I. Kelahiran beliau
Beliau di lahirkan di daerah Cibuntu Pandeglang Banten bertepatan pada tahun 1309 H / 1975 M dengan nama lengkap MUHAMMAD ABDUL GHUFRON BIN KH HASAN AMIN (ABUYA MAMA ARMIN) Pada mulanya beliau belajar kepada ayahnya, mengenai beberapa fan Ilmu yang berhubungan dengan Furu’ atau Usul. Akan tetapi suluknya bermula ketika beliau dikubur secara hidup-hidup selama 40 hari. Setelah itu ayah beliau berwasiat kepadanya “Sebelum engkau mampu menyelamatkan dunia akhirat, jangan sekali kali engkau menginjak Banten”. Pesan ayah beliau selalu terngiang ditelinganya “bila engkau membuka pondok pesantren, jangan meminta upah”. Disamping itu ayah beliau memberikan 3 wasiat kepadanya
- Berdzikir
- Berfikir
- Bersungguh sungguh dalam memperjuangkan agama Allah
II. Perilaku KH. Hasan Amin (Abuya Mama Armin)
Menurut cerita bahwasanya ayah beliau adalah orang fakir, Sholeh, dan sangat alim dalam ilmu akhirat, disamping itu ayah beliau ahli dalam bidang ilmu dan amal. Yang masyhur dengan sebutan ulama’ hikmah didaerah pandeglang banten, ayah beliau adalah mursyid Thoriqoh Qodiriyah Wannaqsabandiyah, bahkan ayah beliau termasuk ulama’ yang mempunyai banyak karomah (Khowariqul ‘Adat). Semasa hidupnya ayah beliau tidak pernah makan, minum, tidur melainkan kebutuhan saja.
III. Wafatnya KH. Hasan Amin (Abuya Mama Armin)
KH. Hasan Amin (Abuya Mama Armin) Wafat pada tahun 1409 H bertepatan pada tahun 1988 M. Dan beliau dimakamkan didaerah banten disekitar masjid jami’ pondok pesantren cibuntu, bahkan sampai sekarang makamnya banyak dikunjungi para peziarah dengan tujuan tabarrukan watawassulan.
Demikian sekilas sejarah pengasuh pondok pesantren UNIQ (KH. Muhammad Abdul Ghufron) dengan ayahnya yang bernama KH. Hasan Amin (Abuya Mama Armin). Mudah mudahan menjadi suri tauladan kita semua. Amin Ya Robbal ‘Alamin
0 comments:
Post a Comment